• DINAS PENDIDIKAN
  • Kabupaten Solok Selatan

Bupati Solsel, Peran Masyarakat dan Dunia Usaha Sangat Penting Dalam Perencanaan Pembangunan

Disdik Solsel - Peran aktif dari masyarakat dan dunia usaha menjadi peran penting dalam perencanaan pembangunan daerah pada 2024 mendatang. Ini dibutuhkan untuk menyusun program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pemerintah.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam pembukaan Musyarawara Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Pauh Duo di Kantor Camat Pauh Duo, Rabu (15/2/2023).

Bupati menyampaikan bahwa filterisasi program dan kegiatan perlu dilakukan mengingat keterbatasan anggaran pemerintah.

"Melalui forum ini kami meminta dukungan, bantuan serta keterlibatan aktif dari seluruh unsur masyarakat, dunia usaha dan tentu juga bantuan-bantuan dari pihak eksternal. Karena keterbatasn APBD kita juga melakukan filterisasi mana program dan kegiatan yang benar-benar prioritas pada tahun 2024," kata Khairunas siang ini.

Terlebih di tahun depan terdapat agenda nasional dan daerah yang membutuhkan anggaran yang cukup besar yang harus dilaksanakan dan dianggarkan oleh pemerintah daerah. Seperti Pelaksanaan Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, sedangkan agenda daerah seperti pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi dan tuan rumah final duta pariwisata Sumatera Barat.

Meski demikian, pemerintah tetap memberikan prioritas pada pembangunan daerah. Seperti di Kecamatan Pauh Duo tahun ini akan dilanjutkan pembangunan jalan Sungai Kapua-Simancuang dengan anggaran Rp 2,4 miliar.

Kemudian juga untuk peningkatan jalan dari Simancuang hingga ke Sungai Sirih dengan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar. Selain juga sebesar Rp 3,9 miliar diberikan untuk peningkatan jalan Kampung Baru Taratak Tinggi–Pekonina, Jalan Pekan Selasa–Pekan Sabtu dan Jalan Lingkar Hot Water Boom yang merupakan Objek Wisata Prioritas Kabupaten Solok Selatan.

"Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan ini merupakan salah satu upaya partisipatif yang dilakukan untuk menghimpun dan menggali informasi dari aspirasi masyarakat dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah, pada hari ini Kami Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran menjemput langsung aspirasi tersebut," katanya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Wakil Ketua Armen Syahjohan dan Yendri Susanto beserta Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala OPD dan masyarakat. Usai pembukaan juga dilakukan penyerahan bantuan, yakni bantuan pendidikan, bantuan perikanan, dan bantuan lansia. DAK

Komentari Tulisan Ini