• DINAS PENDIDIKAN
  • Kabupaten Solok Selatan

Khairunas, SDM Solok Selatan Berkualitas, Berdaya Saing dan Memiliki Akhlak Mulia

Disdik Solsel – Peningkatan kualitas Sumber Daya manusia yang berkarakter, produktif dan Kompetitif. Bertujuan mempersiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas, berdaya saing dan memiliki akhlak yang baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Solok Selatan, H. Khairunas pada pembagian pakaian seragam gratis untuk murid Taman Kanak-Kanak hingga siswa Sekolah Menengah, RTH Solok Selatan, Padang Aro, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Senin, 24 Juli 2023.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sangat berkomitmen dalam penguatan sektor pendidikan, terutama dalam Progul pembagian pakaian seragam gratis untuk tahun ke-3 ini.

Khairunas berharap bantuan pakaian seragam gratis ini dapat meringankan beban para orang tua dan memberikan motivasi bagi para siswa untuk lebih giat belajar.

Lebih lanjut, Ia menyatakan komitmen ini tidak hanya untuk program seragam gratis, namun program lainnya seperti program kepala sekolah penggerak/guru penggerak, beasiswa untuk murid berprestasi, baik di tingkat SD, SMP dan SMA maupun untuk masuk ke perguruan tinggi yang terus dilaksanakan hingga tahun ini.

Selain itu, untuk tahun 2024 pemerintah juga akan mendorong melakukan pre-test membaca Al-Quran atau ayat pendek saat pendaftaran untuk semua calon siswa TK, SD, dan SMP. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan nilai-nilai agama di kalangan pelajar, terang Bupati.

Kepala Dinas Pendidikan Solok Selatan, Syamsuria mengatakan pembagian seragam gratis ini yang telah dimulai sejak tahun 2021, dan untuk pertama diserahkan se- Kecamatan Sangir.

"Program ini sudah berjalan sejak 2021, dan sekarang Kec. Sangir mendapat giliran pertama untuk tahun 2023 sebanyak 2.854 stel pakaian dibagikan se-Kecamatan Sangir, menyasar siswa SD dan SMP.

Selanjutnya juga akan dilakukan pembagian pada enam kecamatan lainnya secara bertahap, tambah Kadis.

Untuk diketahui, tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan membagikan sebanyak 21.828 stel pakaian sekolah gratis. Sebanyak 12.734 dibagikan kepada murid TK, SD dan SMP dibawah Dinas Pendidikan Solok Selatan. Sementara sebanyak 9.094 stel pakaian akan dibagikan kepada siswa madrasah dibawah Kementerian Agama (Kemenag) dan siswa baru SMA/SMK.

Dalam acara tersebut, juga disalurkan paket bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang mencakup Bantuan Biaya Pendidikan senilai 76 juta rupiah untuk 100 orang penerima, Bantuan Bedah Rumah sebesar 75 juta rupiah, Bantuan Konsumtif Lansia senilai 53.5 juta rupiah, dan juga bantuan bibit ikan, manggis, dan durian untuk masyarakat.

Acara ini juga turut dihadiri Wabup H Yulian Efi, Asisten, Staf Ahli, Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua GOW, jajaran Kepala OPD. *******

Komentari Tulisan Ini